Plukme Balik Lagi

Plukme adalah sebuah situs sosial media, sebuah komunitas yang memiliki fitur yang banyak dan tentunya sangat bermanfaat dari berbagai segi cara pandang.

Hai Blogging, Saya lagi bingung mau ngasih informasi ataupun tips apaan mengenai dunia Blogging. Gimana kalau kita Review situs Plukme aja? " Plukme itu apa? " " Apa itu Plukme? ". Hmmm, Plukme itu artinya Peluk me, hehehe. Peluk saya biar hangat dalam kedinginan malam. Plukme adalah sebuah situs komunitas jejaring sosial yang memiliki fitur dan tentunya design yang sederhana namun tetap elegan." Sederhana? Maksudnya? "

Saya akan membahas mengenai tampilan nya terlebih dahulu, dilihat sekilas saja, Plukme dapat dikatakan memiliki design yang sederhana dengan warna yang elegan. Dan tentunya ini membuat saya pribadi cukup betah dengan tampilan Plukme ini.

Plukme adalah sosial media yang didirikan secara resmi oleh PT SKYCO DIGITAL INDONESIA pada tahun 2017 silam. " Lho, udah lama kok baru sekarang direview? ". Plukme memang telah hadir sejak hampir 3 tahun yang lalu. Dan saya mengenal Plukme sekitar hampir dua tahun yang lalu, tepatnya 2018 silam. Plukme adalah sebuah situs sosial media, sebuah komunitas yang memiliki fitur yang banyak dan tentunya sangat bermanfaat dari berbagai segi cara pandang.


Plukme dahulunya adalah sebuah situs komunitas penulis yang setiap harinya selalu banjir artikel konten yang ditulis oleh berbagai penulis. Siapa saja bebas menulis disitus ini, tanpa ada menunggu diapprove oleh Admin, tulisan yang kamu tulis otomatis akan langsung diterima oleh situs ini, dan ini membuat saya sangat kagum dengan hal ini.

" Emangnya ada imbalan kalau kita nulis sesuatu di Plukme? ". Nah ini fitur yang bikin Saya makin wow dengan Plukme, dari hal sekecil saja kita akan mendapatkan benefit, benefit di Plukme disebut dengan Pluk. Dengan menulis status saja, kamu akan mendapatkan pluk walaupun hanya menulis status. Saya sudah 65 kali menulis di Plukme dan harga tulisan saya di beri pluk mencapai 2000Pluk, 1 pluk 1 rupiah, berarti saya mendapatkan Rp 2000,- per Artikelnya. Bukan hanya menulis saja diberi Pluk oleh Admin, namun dengan mempublikasikan konten video di Plukme kita juga diberi benefit.

Para warga Plukme dikenal dengan sebutan Plukers, dan Saya bangga dipanggil dengan sebutan Plukers. Warga Plukme orangnya baik baik kok, gak ada yang jaim, dan tentunya saling berbagai ilmu dan paham dalam dunia penulisan. Plukme makin hari makin kece dengan berbagai fitur tambahan, salah satunya seperti Podcast. Namun ini yang membuat saya atau bahkan seluruh Plukers merasa kehilangan Plukme kalau tidak salah dipertengahan tahun 2018. Plukme secara sepihak mengumumkan akan menutup sementara layanannya dengan waktu yang tidak ditentukan.

Plukme pun menghilang, beberapa bulan kemudian situs Plukme tidak bisa dikunjungi / down. Saya merasa kehilangan tempat untuk bercerita dan berbagi ilmu dan dunia penulisan. Plukme adalah wadah terbaik bagi saya dalam menulis sebuah konten sederhana namun bermanfaat. Ini bukan coretan tinta dalam sebuah kertas, namun sebuah curhatan rindu dalam kegalauan. Ya Saya galau.


Beberapa bulan yang lalu, sekitar bulan Agustus 2019, Saya kembali mengunjungi situs ini dan mendapatkan kabar jika Plukme akan kembali lagi. " Asik, sepertinya gua juga maulah gabung jadi member Plukme, asik kayanya ". Eits tunggu dulu. Bulan Agustus memang awal Plukme kembali mengabarkan kedatangannya lagi, namun Plukme down lagi diawal September - Oktober, Namun Plukme pun hilang dalam pencarian Google. Namun November ini, 15 November 2019 yang lalu Plukme kembali lagi, dengan support dari Lawang Sewu Teknologi, Plukme balik lagi.

Situs Plukme pun kembali normal lagi setelah hampir 1 tahun menghilang. Namun akankah Plukme kembali berjaya seperti masa masa itu? Ataukah Plukme kembali dari awal lagi untuk mendapatkan visitor dan pendengar? Kita tunggu saja, salam dari Saya Plukers setia.